Tugas 2 Bahasa Indonesia Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Iklan



Tugas 2
Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Iklan

1)      Bacalah teks iklan berikut ini dengan cermat. Apa pesan yang ingin disampaikan penulis iklan?


 
Gbr. 3.14 Iklan hemat listrik

2)      Bandingkan dengan iklan berikut, manakah yang lebih menarik perhatian pembaca?



                                                                                                 
Sumber: edukasi.kompasiana.com
Gbr. 3.15 Iklan hemat listrik


3)      Evaluasilah isi kedua teks iklan tersebut dengan kalimat kalian sendiri!
Iklan pertama:
·      Sudut pandang kami, isi teks iklan ini merupakan sesuatu yang baik karena mengajak para pembacanya untuk berhemat listrik, mengingat semakin tahun listrik semakin mahal dan semakin banyak masyarakat di pedesaan yang membutuhkannya. Kami setuju jika iklan ini terus dipublikasikan agar menjadi alarm bagi masyarakat Indonesia untuk bersikap hemat. Pada isi iklan ini juga dicantumkan beberapa contoh tindakan hemat dalam penggunaan listrik.
Iklan ini juga menarik para pembaca, dilihat dari tulisannya yang memiliki background kuning dan dicetak tebal, kontras dengan suasana malam hari di belakangnya.
·      Ciri kebahasaan yang muncul dalam isi teks iklan ini adalah pernyataan berisi bujukan untuk bersikap hemat dalam penggunaan listrik. Kalimat “Matikan Lampu dan Alat Elektronik, Atur Suhu Ideal AC dan Lemari Es” merupakan kalimat perintah untuk melakukan hal-hal yang disebutkan sebagai cara menghemat listrik dan kalimat berita yang menyebutkan beberapa cara menghemat listrik yaitu dengan mematikan lampu dan alat elektronik serta mengatur suhu ideal AC dan lemari es.
·      Isi teks iklan ini menggunakan bahasa campuran dengan menyisipkan sedikit kata bahasa Inggris yaitu “AC” yang kepanjangannya Air Conditioner. Tetapi penggunaan kata AC sudah tidak asing lagi karena mayoritas orang Indonesia menyebut pendingin ruangan dengan AC.

Iklan kedua:
·      Sudut pandang kami, isi iklan ini kurang menarik perhatian karena modelnya yang sangat sederhana. Bagian yang mencolok dari iklan ini hanyalah lampu berwarna kuning di bagian atas. Background merah memang kontras dengan cahaya kuning lampu, tapi tetap saja kurang menarik perhatian.
Selain itu, tulisannya sangat kecil dan dicetak normal. Akan lebih baik jika tulisan pada iklan dicetak tebal dengan ukuran huruf yang besar sehingga akan langsung menarik mata para pembaca.
·           Ciri kebahasaan yang muncul dalam teks iklan ini adalah  pernyataan berisi bujukan untuk bersikap hemat dalam penggunaan listrik yang dapat menyelamatkan bumi. Secara tidak langsung kalimat “Hemat Listrik Selamatkan Bumi” merupakan kalimat ajakan.
·           Isi teks iklan ini tidak menggunakan bahasa campuran. Kalimat pada iklan yaitu “Hemat Listrik Selamatkan Bumi” sepenuhnya berbahasa Indonesia.

6)      Setelah pemaparan hasil diskusi kalian pada nomor (5), tugas kalian berikutnya adalah menganalisis isi teks iklan ini. Apakah informasi yang terdapat dalam teks tersebut bisa kalian pahami dengan baik?


 

Sumber: blog.ub.ac.id
                        Gbr. 3.16 iklan layanan masyarakat

Informasi dalam iklan tersebut cukup dapat dipahami. Iklan tersebut memerintahkan kita untuk berhenti merokok dan jika belum pernah merokok maka jangan sekali-kali mencobanya. Dalam iklan tersebut masih ada kata yang belum diketahui makna atau artinya. Contohnya saja impertensi. Kata tersebut (impertensi) masih belum diketahui oleh masyarakat umum.



4)        Iklan bisa berbentuk gambar, tulisan, suara, atau rangkaian dari ketiganya. Isilah kolom ini untuk mengasah kemampuan kalian dalam memahami bentuk teks iklan.

Tempat Iklan
Bentuk Iklan
Gambar
Saja
Tulisan
Saja
Suara
Saja
Gambar
dan
Tulisan
Gambar,
Tulisan, dan
Suara
koran




majalah




televisi




radio




tempat umum





papan
pengumuman



internet





5)        Pernahkah kalian melihat iklan yang lucu? Mengapa iklan perlu trik untuk dapat ditangkap pesannya? Uraikan alasan kalian jika setuju!
Iya, karena dengan trik pada iklan memberikan daya tarik sendiri. Sehingga rasa penasaran atau rasa ingin tau konsumen muncul terhadap produk tersebut. Komsumen akan mencari tahu secara dalam produk tersebut.

6)        Dalam memasarkan produknya, produsen menggunakan sarana komunikasi yang berbentuk iklan, pemasaran langsung, media interaktif melalui internet, promosi penjualan, publikasi, dan penjualan personal. Dapatkah kalian temukan sarana
komunikasi yang manakah yang paling sering kalian jumpai di lingkungan kalian? Apa saja? Sebutkan!



No
Sarana komunikasi
Iklan
Pemasaran
langsung
Media
interaktif
melalui
internet
Promosi
penjualan
Publikasi
Penjualan
personal
1


P



P
2

P



P
3
 

P

P


4
 
P



P
5
 


P



P

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"