Tugas 2 Bahasa Indonesia Membandingkan Teks Cerita Sejarah “Sejarah Hari Buruh” dan “Peristiwa Pembentukan ASEAN”



Tugas 2
Membandingkan Teks Cerita Sejarah
Setelah kalian memahami teks “Sejarah Hari Buruh”, tugas kalian selanjutnya adalah membandingkan teks tersebut dengan teks “Peristiwa Pembentukan ASEAN” berikut ini dengan teliti. Kemudian, kerjakanlah tugas tersebut dengan mengikuti penunjuk yang diberikan.
1)      Pada mulanya ASEAN merupakan wadah kerja sama ekonomi, sosial, dan budaya. Akan tetapi, Deklarasi Bangkok merupakan komitmen politik negara anggota untuk bersatu dan bekerja sama, meskipun Asia Tenggara pada saat itu diwarnai oleh pergolakan antarnegara maupun antarkekuatan di luar kawasan. Aspirasi politik yang mendasari Deklarasi Bangkok mengupayakan stabilitas regional yang dapat menunjang pembangunan nasional di segala bidang bagi negara anggota ASEAN. Para pemimpin / pendiri ASEAN menyadari bahwa di antara negara anggota terdapat perbedaan latar belakang sejarah maupun sikap politik, serta kenyataan dalam bidang ekonomi sebagian besar negara anggota bersaing sebagai penghasil komoditi yang sama. Oleh karenanya, langkah yang diambil bersifat pragmatis.
Maksud dan tujuan dibentuknya ASEAN tercantum dalam Deklarasi Bangkok. Berikut ini adalah isi dari deklarasi tersebut yang memuat 7 perihal. Akan tetapi, dalam kolom yang tersedia hanya dijumpai 2 di antaranya. Tugas kalian adalah mencari 5 isi deklarasi lainnya yang menjadi tujuan didirikannya ASEAN. Kalian dapat menggunakan sumber bacaan lain untuk mendapatkan berbagai informasi tentang ASEAN.
No.
Deklarasi Bangkok
1.
Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
2.
Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
3.
Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
4.
Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
5.
Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditi internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
6.
Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
7.
Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

2)      ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) merupakan organisasi yang mewadahi kerja sama antarnegara di Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok (ibu kota Thailand) oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh perwakilan lima negara pemrakarsa / pendiri ASEAN. Kelima orang perwakilan tersebut ada pada kolom berikut ini lengkap dengan jabatan dan negara asalnya. Hanya saja nama jabatan dan negara asal mereka diletakkan secara acak pada kolom di samping nama para pendiri ASEAN. Tugas kalian adalah mencocokkannya. Isilah kolom yang kosong dengan nomor yang sesuai!
No.
Nama Pendiri ASEAN
Jabatan dan Negara
1.
Narciso Ramos
[ 5 ] Wakil Perdana
     Menteri Malaysia
2.
S. Rajaratman
[ 2 ] Menteri Luar
               Negeri Singapura
3.
Thanat Khoman
[ 3 ] Menteri Luar
             Negeri Thailand
4.
Adam Malik
[ 4 ] Menteri Luar
               Negeri Indonesia
5.
Tun Abdul Razak
[ 1 ] Menteri Luar
           Negeri Filipina


3)      Perhatikan dengan saksama lambang ASEAN berikut.










Gambar di atas adalah lambang ASEAN yang dikelilingi 10 bendera negara anggotanya. Setiap negara bergabung dengan ASEAN dalam waktu yang berbeda. Berikutnya, kalian harus mengisi kolom yang kosong di bawah ini, berkaitan dengan profil negara ASEAN dan keanggotaannya.
No.
Negara
Ibu Kota
Lagu Kebangsaan
Hari
Kemerdekaan
Berga-bung
dengan
ASEAN
1.
Filipina
Manila
Lupang Hinirang
12 Juni 1898
8 Agustus 1967
2.
Laos
Vientiane
Pheng Xat Lao ( Hymne of The Lao People )
19 Juli 1949
23 Juli 1997
3.
Myanmar
Rangoon
Kaba Ma Kyei
4 Januari 1948
23 Juli 1997
4.
Singapura
Singapura
Majulah Singapura
9 Agustus 1965
8 Agustus
1967
5.
Vietnam
Hanoi
Tien Quenca
2 September 1945
28 Juli 1995
6.
Indonesia
DKI Jakarta
Indonesia Raya
17 Agustus 1945
8 Agustus
1967
7.
Kamboja
Phnom Penh
Nokoreach ( Royal Kingdom)
9 November 1953
16 Desember 1998
8.
Malaysia
Kuala
Lumpur
Negaraku
31 Agustus 1957
8 Agustus 1967
9.
Brunei Darussalam
Bandar Seri Begawan
Allah Peliharakan Sultan
1 Januari 1984
7 Januari
1984
10.
Thailand
Bangkok
Phleng Chat Thai
Tidak pernah dijajah
8 Agustus 1967

4)      ASEAN pada tahun pertama diwarnai oleh upaya pemantapan saling pengertian (confidence building process) antaranggotanya guna memantapkan kerja sama yang sedang ditumbuhkan. Persamaan kedudukan dalam keanggotaan merupakan salah satu prinsip dalam kerja sama tanpa mengurangi kedaulatan masing-masing negara anggota. Kerja sama regional yang dikembangkan bukan bersifat integratif, tetapi bersifat kooperatif. Musyawarah, kepentingan bersama, dan saling membantu dengan semangat ASEAN merupakan ciri kerja sama ini.
ASEAN, yang didirikan atas dasar hasrat untuk menciptakan kawasan yang damai, memiliki bendera yang melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis. Lambang ASEAN berada di tengah bendera ASEAN dengan kombinasi empat warna, yaitu merah, biru, kuning, dan putih. Carilah makna setiap warna pada lambang ASEAN tersebut dan tuliskan jawaban kalian.
(a)    Warna merah pada logo ASEAN melambangkan: keberanian dan dinamika

(b)   Warna biru pada logo ASEAN melambangkan: perdamaian dan kemantapan

(c)    Warna kuning pada logo ASEAN melambangkan: kemakmuran

(d)   Warna putih pada logo ASEAN melambangkan: kesucian

5)      Perhatikan dengan teliti lambang ASEAN itu sekali lagi. Lambang tersebut memperlihatkan ikatan rumpun padi berwarna kuning yang berada dalam lingkaran. Apakah gambar ini memiliki makna tertentu? Jika ya, uraikanlah jawaban kalian.
(a)    Ikatan rumpun padi melambangkan: sepuluh negara anggota ASEAN

(b) Lingkaran melambangkan: persatuan ASEAN

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"