Contoh Laporan Hasil Baca Buku Bertema 'Gemar Meneroka Alam Semesta'



LAPORAN HASIL BACA BUKU
PELAJARAN I
GEMAR MENEROKA ALAM SEMESTA

Judul Buku
Pesona Bromo
Nama
El Medina Aulia Putri
Kelas & NIS
X MIA F / 11922
Tanggal
16 November 2014

Petunjuk :
Siswa diminta untuk membaca buku yang bertema “Indahnya Alam Indonesia”. Siswa diharapkan dapat mencari buku yang sesuai dengan tema tersebut. Kemudian, siswa menuliskan hasil bacanya mengenai isi buku tersebut.

Apa yang telah dipelajari dari tugas membaca buku?
Dari tugas membaca buku ini, saya mempelajari banyak hal. Buku berjudul “Pesona Bromo”, sesuai dengan judulnya, menjelaskan mengenai keindahan sekaligus kebudayaan yang dimiliki Gunung Bromo. Meliputi kebiasaan dan upacara adat suku Tengger serta Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Seperti upacara Kasada yang dengan melempar korban ke kawah Gunung Bromo berupa hasil panen dan hewan ternak serta kegiatan bertani yang merupakan mata pencaharian utama bagi masyarakat Tengger.
Apa yang banyak dipelajari dari buku yang telah dibaca?
Dari buku berjudul “Pesona Bromo” yang telah saya baca, saya banyak mempelajari tentang kebudayaan suku Tengger yaitu upaca adat dan kebiasaan mereka sehari-harinya. Saya merasa tertarik dalam mengetahui budaya suku Tengger dan keindahan Gunung Bromo. Sehingga saya juga merasa puas ketika membaca buku ini karena hal-hal yang dibahas tidak membosankan. Justru semakin menambah pengetahuan dan wawasan saya mengenai kebudayaan suku Tengger dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tetapi, saya merasa kecewa dan sedih karena buku tersebut tidak banyak menggambarkan tentang keindahan Gunung Bromo. Buku tersebut lebih menonjolkan tentang kebudayaan suku Tengger.
Apa yang tidak disukai dari buku yang telah dibaca?
Hal-hal yang saya tidak sukai dari buku yang telah saya baca adalah ilustrasinya yang kurang. Akan lebih baik jika penjelasan di dalam buku tersebut disertai dengan gambar-gambar yang mendukung. Dalam artian gambar nyata bukan gambar ilustrasi. Selain itu, menurut saya, isi dari buku tersebut kurang sesuai dengan judulnya sendiri yaitu “Pesona Bromo”. Isinya justru lebih menonjolkan kebudayaan, upacara adat, dan kegiatan suku Tengger sehari-hari. Bukan menggambarkan keindahan alam yang dimiliki Gunung Bromo, yang sebenarnya sangat saya kagumi.
Mengapa memilih pembacaan buku ini sebagai salah satu materi dalam portofolio?
Saya memilih buku berjudul “Pesona Bromo” sebagai materi dalam portofolio kali ini adalah karena saya tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Gunung Bromo yang letaknya tidak jauh dari rumah, tetapi saya tidak pernah berkunjung ke sana. Itu lah yang membuat saya ingin menambah wawasan lebih banyak lagi mengenai Gunung Bromo sekaligus kebudayaan suku Tengger yang selalu  melengkapi Gunung Bromo. Selain itu, buku yang saya pilih tidak tebal sehingga saya dapat dengan cepat membaca buku tersebut. Saya juga yakin, dengan buku tersebut, saya dapat menyelesaikan tugas portofolio kali ini dengan sebaik-baiknya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"