Tugas 3 Bahasa Indonesia Memahami Teks Iklan



10)    Kalian pasti sering melihat baliho yang tidak berisi iklan apapun. Itu artinya belum ada pengiklan yang bersedia memanfaatkan ruang kosong di baliho tersebut. Nah, bisakah kalian mencari tahu, isi baliho yang belum ada iklannya? Tulislah dalam kolom berikut hasil dari pencarian kalian. Nomor 1 sudah dikerjakan sebagai contoh.
No.
Teks
1.
Mau pasang iklan? Hub. 081234567891
2.
HUBUNGI: KAYADI ADM
0812 1059 295
0817 6740 500
3.
SPACE AVAILABLE
HUBUNGI
021-8771 3232
4.
SPACE FOR RENT
CP : 081 568 55527

11)    Untuk menyampaikan pesan iklan dari produsen kepada konsumen diperlukan media tertentu yang berguna untuk menghubungkan keduanya. Pemilihan media ini sangat penting karena berkaitan dengan keberhasilan perusahaan periklanan dalam melakukan strategi promosi penjualan. Media bisa berupa televisi, radio, majalah, koran, papan pengumuman, dan internet. Media manakah yang paling sering kalian gunakan untuk mengetahui suatu produk tertentu?
Media yang paling sering kami gunakan untuk mengetahui suatu produk tertentu adalah televisi dan internet karena iklan pada televisi dan internet sangat mudah ditemukan. Selain itu, kedua media tersebut-lah yang dekat dengan kegiatan kami sehari-harinya.

12)    Media sebagai sarana menginformasikan suatu iklan menggunakan berbagai variasi gaya bahasa dalam mengiklankan produk. Gaya bahasa merupakan cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis. Perhatikan kalimat dalam iklan ini: “Saatnya Anda beralih ke listrik pintar”. Gaya bahasa pada kalimat ini berisi bujukan untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini, untuk beralih dari pemakaian listrik reguler ke listrik pintar yang menggunakan pin. Gaya bahasa seperti ini akan banyak kalian temui dalam iklan. Gaya bahasa di dalam iklan akan berbeda antara satu media dengan media lainnya. Jenis gaya bahasa yang digunakan dalam iklan di televisi akan berbeda dengan gaya bahasa yang digunakan di koran. Begitu pula sebaliknya. Tugas kalian adalah mencari contoh gaya bahasa dalam iklan yang berisi bujukan untuk melakukan sesuatu. Kalian bisa menemukannya dari media koran, majalah, televisi, radio, atau baliho.
No.
Iklan
Gaya Bahasa
1.

“Ayo cuci tanganmu pakai sabun !! kuman mati tangan hepi”
Gaya bahasa dalam iklan tersebut berisi bujukan untuk mencuci tangan menggunakan sabun untuk membunuh kuman sehingga tangan terjaga kebersihannya.
2.


“Ikut KB Mandiri, mudah banget!”
Gaya bahasa dalam iklan tersebut berisi bujukan untuk mengikuti KB Mandiri.
3.

“Berhentilah merokok, asapmu, membunuh mimpi-mimpi orang di sekitarmu.”
Gaya bahasa dalam iklan tersebut berisi bujukan untuk berhenti merokok karena asap rokok berbahaya bagi kesehatan si perokok dan juga orang-orang yang menghirup asap rokok.
4.




“Yuk... Buang Sampah Pada Tempatnya”
Gaya bahasa dalam iklan tersebut berisi bujukan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"