Tugas 1 Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks “’Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam”


Tugas 1 Bahasa Indonesia

Memahami Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks “’Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam”

 


7)        Cermati urutan peristiwa berikut ini. Isilah bagian yang masih rumpang!
Paragraf ke-
Kalimat ke-
Peristiwa
1
1
Duta Besar Amerika Serikat untuk JepangCaroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4).
2
1
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dankeindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan dengan kecepatan tinggi.
3
1
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajalkereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS.
4
1
Dengan menerapkan teori dasar magnetismebahwa kutub magnet yang sama akan saling menolak, kereta tanpa roda ini akan terangkat 10 sentimeter dari relnya saat diaktifkan.
5
1
Abe dan Kennedy memulai perjalanan merekadari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji.
5
2
Sambil tersenyum, Abe pun menunjukkankeunggulan teknologi Jepang kepada duta besar negara sekutu utamanya itu.
6
1
Di tengah perjalanan, KA yang merekatumpangi sempat menyentuh kecepatan 505 kilometer per jam atau setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.
7
1
Menurut operator KA spesial ini, CentralJapan Railway, pada saat uji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai 581 km per jam.
8
1
KA maglev inilah yang akan ditawarkanJepang kepada AS, satu-satunya negara adidaya yang belum memiliki jaringan KA supercepat.
8
2
Pemerintahan Presiden Barack Obama saat iniberinisiatif memulai pembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS, yang akan dimulai dengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60 km.
9
1
Menurut harian bisnis Nikkei, pihak CentralJapan Railway telah memberi penawaraninsentif khusus dengan membebaskan biayalisensi jika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
10
1
Nikkei menambahkan, Pemerintah Jepangberencana membayar separuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melalui Japan Bank for International Cooperation.
11
1
Meski demikian, Jepang masih harus bersaingdengan negara-negara pemilik teknologi KA supercepat lain, seperti Kanada, Prancis, dan Jerman.
12
1
Usai “kencan” diplomatik tersebut, Abemengatakan, “setelah saya bisa berbagi pengalaman ini dengan Duta Besar Kennedy hari ini, saya harap dia pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.”
13
1
Kennedy, satu-satunya anak mantanPresiden John F. Kennedy yang masih hidup, menimpali, teknologi maglev tersebut adalah sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat besar bagi Jepang.
13
2
“Dan semoga bagi AS juga,” ujar dia.
14
1
Jepang sendiri sedang berencana membangunjalur komersial KA maglev yang akan menghubungkan Tokyo dengan Nagoya di Jepang tengah pada 2027.
15
1
Pada 2045, jalur KA maglev tersebut akanmenghubungkan Tokyo dengan Osaka di Jepang barat dan mempersingkat waktu perjalanan dari sekitar tiga jam saat ini dengan KA peluru Shinkansen menjadi hanya sekitar 67 menit.

8)        Nah, setelah kalian mengetahui fungsi subjek dalam kalimat, coba kaliancermati kalimat berikut. Lalu tulis di buku tugas kalian fungsi masing-masingkata/kelompok kata/klausa yang tercetak miring ini.
No.
Kalimat
1.
Dengan menerapkan teori dasar magnetisme bahwa kutubmagnet yang sama akan saling menolak, kereta tanpa rodaini (kelompok kata nomina) akan terangkat 10 sentimeter dari relnya saat diaktifkan.
2.
Tanpa gesekan antara roda dan rel, KA ini (kelompok kata nomina) dapat melaju lebihcepat, lebih mulus, dan lebih tak bersuara dibandingkan KA konvensional.
3.
Abe dan Kennedy (kelompok kata nomina) memulai perjalanan mereka dari StasiunYamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji.
4.
Sambil tersenyum, Abe (nomina) menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada duta besar negara sekutu utamanya itu.
5.
Di tengah perjalanan, KA yang mereka tumpangi (klausa) sempat menyentuh kecepatan 505 kilometer per jam atau setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.

9)        Bacalah kembali paragraf kedua teks tersebut. Pada kalimat “Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan.” terdapat verba pewarta yang artinya kata yang digunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan. Kata ujar merupakan salah satu contoh verba pewarta. Coba kalian temukan kata yang mengindikasikan verba pewarta pada teks berita tersebut!
·      Usai “kencan” diplomatik tersebut, Abe mengatakan, “Setelahsaya bisa berbagi pengalaman ini dengan Duta Besar Kennedy hari ini,saya harap dia pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.”
·      “Dan semoga bagiAS juga,” ujar dia.
·      Menurut operator KA spesial ini, Central Japan Railway, pada saat uji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai 581 km per jam.
·      Menurut harian bisnis Nikkei, pihak Central Japan Railway telah memberi penawaran insentif khusus dengan membebaskan biaya lisensi jika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
·      Nikkei menambahkan, Pemerintah Jepang berencana membayar separuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melalui Japan Bank for International Cooperation.

11)    Masih pada paragraf ketiga, kata hari itu dalam kalimat tersebut menunjukkan keterangan yang selalu muncul pada setiap teks berita. Di dalam teks berita, penggunaan keterangan adalah sebuah keharusan. Istilah keterangan dalam tata bahasa disebut dengan adverbia. Keterangan merupakan unsur kalimat yang memberikan informasi lebih lanjut tentang sesuatu yang dinyatakan dalam kalimat; misalnya, memberi informasi tentang tempat, waktu, cara, sebab, dan tujuan. Keterangan ini dapat berupa kata, kelompok kata, atau anak kalimat. Keterangan yang berupa kelompok kata ditandai oleh preposisi, seperti di, ke, dari, dalam, pada, kepada, terhadap, tentang, oleh, dan untuk. Keterangan yang berupa anak kalimat ditandai dengan kata penghubung, seperti ketika, karena, meskipun, supaya, jika, dan sehingga. Coba kalian temukan keterangan yang terdapat dalam teksberita itu. Setelah kalian menemukannya, isikanlah ke dalam kolom berikut. Nomor 1 sebagai contoh.
No.
Paragraf ke-
Kalimat ke-
Keterangan
waktu
tempat
tujuan
cara
sebab
Alat
1.
1
1
Sabtu (12/4)
-
-
-
-
-
2.
2
1
Di tengah hawa sejuk awal musim semi
Di lereng Gunung Fuji
-
Dengan kecepatan tinggi
-
-
3.
2
2
Sebelum memulai perjalanan
-
-
-
-
-
4.
3
1
Hari itu
-
Kepada AS
-
-
-
5.
4
1
Saat diaktifkan
Dari relnya
-
Dengan menerapkan teori dasar magnetisme
-
-
6.
5
1
-
Dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji
-
-
-
-
7.
5
2
-
-
Kepada duta besar negara sekutuutamanya itu.
-
-
-
8.
6
1
Di tengah perjalanan
-
-
-
-
-
9.
7
1
Pada saat
uji coba tahun 2003 silam
-
-
-
-
-
10.
8
1
-
-
Kepada AS
-
-
-
11.
8
2
Saat ini
Di AS
Dari Washington DC ke Baltimore, Maryland
-
-
-
-
12.
9
1
-
-
-
dengan membebaskan biaya lisensi
-
-
13.
10
1
-
-
-
Melalui Japan Bank
-
-
14.
12
1
Hari ini
-
-
-
-
-
15.
14
1
Pada 2027
Di Jepang Tengah
-
-
-
-
16.
15
1
Pada 2045
Di Jepang Barat
-
-
-
-

12)    Setelah kalian mengetahui struktur teks berita, carilah berbagai informasiyang terdapat dalam tiap paragraf! Galilah informasi sebanyak-banyaknyayang terdapat dalam teks tersebut.
a)      Informasi yang terdapat dalam tahap peristiwa:
·      Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang, Caroline Kennedy, melakukan kerja sama diplomatik dengan Perdana Menteri Jepang, ShinzoAbe.
·      Kerja sama diplomatik tersebut dilakukan pada hari Sabtu (12/4).

b)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 1:
·      Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandanganbunga sakura.
·      Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan di lereng Gunung Fuji.
·      Abe berkata bahwa ia berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang meliputi keindahan bunga sakura, Gunung Fuji,dan teknologi tercanggih.

c)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 2:
·      Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api magnetik supercepat.
·      Kereta api magnetik supercepat ini akan ditawarkan kepada AS.
·      KA canggih ini menggunakan teknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama.

d)     Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 3:
·      Kereta api canggih tersebut menerapkan teori dasar magnetisme bahwa kutub magnet yang sama akan saling menolak
·      Kereta tanpa roda ini akan terangkat 10sentimeter dari relnya saat diaktifkan.
·      KA ini dapat melaju lebih cepat, lebih mulus, dan lebih tak bersuara dibandingkan KA konvensionalkarena tidak ada gesekan antara roda dan rel.

e)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 4:
·      Abe dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari StasiunYamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji.
·      Abe menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada Kennedy.

f)       Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 5:
·      KA yang ditumpangi Abe dan Kennedy sempat mencapai kecepatan 505 kilometer per jam di tengah perjalanan.
·      Kecepatan KA tersebut setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.

g)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 6:
·      Menurut Central Japan Railway, operator KA, pada saat uji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai 581 kilometer per jam.

h)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 7:
·      Jepang akan menawarkan KA maglev kepada AS.
·      AS adalah satu-satunyanegara adidaya yang belum memiliki jaringan KA supercepat.
·      Saat ini, Pemerintahan Presiden Barack Obama berinisiatif memulaipembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS.
·      Pembangunan jaringan KA supercepat nasional di ASyang dimulaidengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60km.

i)        Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 8:
·      Menurut harian bisnis,Nikkei, pihak Central Japan Railway telahmemberi penawaran insentif dengan membebaskan biaya lisensijika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang.

j)        Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 9:
·      MenurutNikkei, Pemerintah Jepang berencana membayarseparuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melaluiJapan Bank for International Cooperation.

k)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 10:
·      Jepang masih harus bersaing dengan negara-negarapemilik teknologi KA supercepat lain, seperti Kanada, Prancis,dan Jerman.

l)        Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 11:
·      Usai kerja sama diplomatik dengan Kennedy, Abe berharapKennedy pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.

m)    Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 12:
·      Kennedy adalah satu-satunya anak mantan Presiden John F. Kennedy yang masih hidup.
·      Kennedy mengatakan bahwa teknologi KA maglev adalah sesuatuyang bisa mendatangkan manfaat besar bagi Jepang. Dan ia mengharapkan hal yang sama terjadi di AS juga.

n)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 13:
·      Jepang sedang berencana membangun jalur komersial KAmaglev yang akan menghubungkan Tokyo dengan Nagoya di Jepang Tengah.
·      Pembangunan tersebut akan dilakukan pada 2027.

o)      Informasi yang terdapat dalam tahap latar belakang peristiwa paragraf 14:
·      Pada 2045, jalur KA maglev akan menghubungkan Tokyodengan Osaka di Jepang Barat.
·      Jalur KA maglev akan mempersingkat waktu perjalanan dari sekitar tiga jam  dengan KA peluru Shinkansen menjadi hanyasekitar 67 menit.

p)      Informasi yang terdapat dalam tahap sumber berita:
·      Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe:
1.      Abe mengajak Kennedy menjajal KA magnetik supercepat sambil berjalan-jalan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih pada Sabtu (12/4).
2.      Abe akan menawarkan KA dengan teknologi maglev kepada AS.
3.      Abe dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji.
4.      Abe menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada Kennedy.
5.      Usai kerja sama diplomatik dengan Kennedy, Abe berharap Kennedy pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.

·      Operator KA, Central Japan Railway:
1.      Pada saat uji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA berteknologi maglev tersebut mencapai 581 km per jam.

·      Pemerintahan Presiden Barack Obama:
1.      Pemerintahan Presiden Barack Obama saat ini berinisiatif memulai pembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS, yang akan dimulai dengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60 km.

·      Harian bisnis, Nikkei:
1.      Pihak Central Japan Railway telah memberi penawaran insentif khusus dengan membebaskan biaya lisensi jika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
2.      Pemerintah Jepang berencana membayar separuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melalui Japan Bank for International Cooperation.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"