Menulis Teks Berita dengan Singkat, Padat, dan Jelas



K. D. 12.2 Menulis teks berita dengan singkat, padat, dan jelas.



Tetap Semangat Meskipun Tak Menangkan Lomba
Maru Batsu

            Teen Magazine (14/1) - Bunkasai (Pekan Budaya Jepang) XV Jawa Timur yang diadakan di SMA 1 Gondang Mojokerto, Jawa Timur Hari Minggu kemarin (13/1) diikuti oleh  7 kelompok peserta tingkat SMP dan 84 kelompok peserta tingkat SMA.
            Termasuk SMPN 5 Probolinggo yang mengikutkan tujuh orang siswi kelas 8 A dengan perwakilan Santi pada Lomba Rudoku yaitu lomba membaca satu paragraf yang bertuliskan Huruf Hiragana dengan waktu yang sudah ditentukan, Figa dan Nada pada Lomba Kakikitori yaitu lomba menulis kosakata dalam Bahasa Jepang dengan Huruf Hiragana dan Katakana berdasarkan waktu yang telah ditentukan, El Medina, Ela, dan Puput pada Lomba Maru Batsu yaitu lomba dengan cara memberikan pernyataan benar atau salah pada soal yang ada di layar LCD berdasarkan waktu yang telah ditentukan, dan yang terakhir Mira pada Lomba Desain Karakter yaitu lomba menggambar manga dengan latar belakang tahun baru di Jepang. Selain itu, ada juga Lomba Karaoke, Pidato, Shoudo yaitu lomba menulis kaligrafi Jepang, serta bazar yang menjual aneka jenis makanan, minuman, dan kerajinan khas Negeri Sakura.
            Untuk Lomba Maru Batsu dilakukan dengan sistem gugur dengan soal-soalnya yang meliputi geografi dan kebudayaan Jepang, terdapat tiga gelombang di mana nantinya akan diambil 30 peserta untuk maju ke babak semifinal.
            Persiapan  untuk mengikuti Bunkasai XV telah dilakukan sebulan sebelumnya dengan matang seperti belajar bersama setiap sepulang sekolah. Selain itu, guru Bahasa Jepang SMPN 5 Probolinggo, Sensei Hasan, turut membimbing dan melatih kemampuan tujuh orang siswi pilihannya.
            " Sebenarnya soal Maru Batsu kemarin itu mudah, tapi karena saya tidak mempelajari tentang geografi Negara Jepang, alhasil soal pertama saja saya sudah gugur. " aku El Medina (13), salah satu peserta Lomba Maru Batsu dari SMPN 5 Probolinggo. Pada Bunkasai XV Jawa Timur kali ini, peraih juara dari setiap lomba didominasi oleh SMA.
            "Meskipun akhirnya kalah, tapi kami tidak akan berkecil hati. Mungkin keberuntungan belum berpihak pada kami. Yah, anggap saja ini sebagai pengalaman. " tambahnya lagi. Sebagai manusia hendaknya selalu bekerja keras agar impiannya dapat tercapai dan jangan jadikan kekalahan sebagai penghalang.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"