Contoh Dialog Bertelepon yang Baik dan Benar



Peran Tokoh
  El Medina Aulia Putri               : Penulis puisi yang sedang naik daun
  Elviana Yustika Septiani          : Wartawan
  Muhammad Iqbal H. I.            : Pemimpin redaksi
  Rana Khris Aprillian                 : Wakil pemimpin redaksi

Percakapan 1
    Pemimpin redaksi dari majalah Bobo menyuruh wartawannya untuk mewawancarai penulis puisi yang sedang naik daun melaui telepon agar dimuat di majalah Bobo.
Iqbal  : “ Halo assalamu'alaikum. Saya Iqbal, pemimpin redaksi dari majalah    Bobo. Apa benar ini Elvin ? “
Elvin  : “ Wa'alaikumsalam, iya ini saya Elvin. Maaf ada perlu apa ya ? “
Iqbal  : “ Begini saya ingin memuat suatu kutipan tentang penulis puisi cilik yang       sedang naik daun dalam edisi terbaru majalah Bobo kali ini. Jadi, bisa          kan anda mewawancarai dia melalui telepon ? “
Elvin  : “ Oh baiklah, saya akan segera mewawancarai penulis puisi itu. “
Iqbal  : “ Satu lagi, setelah hasil wawancara di ketik berikan kepada Rana biar          dia saja yang memberikan kepada saya. “
Elvin  : “ Baiklah. “

Percakapan 2
      Dua hari kemudian, wartawan menelepon penulis puisi cilik yang sedang naik daun untuk di wawancarai.
Elvin  : “ Hai El Medina. Saya wartawan dari majalah Bobo ingin mewawancarai        kamu terkait puisimu yang terkenal saat ini. Apakah saya bisa             mewawancarai anda?”
El Medina   : “ Oh ya tentu. Mumpung saya ada waktu luang. “
Elvin  : “ Apa judul puisimu yang saat ini sedang terkenal ? “
El Medina   : “ Puisiku berjudul ' Pesan Tuk Sahabatku '. “
Elvin  : “ Inspirasi kamu untuk menulis puisi berasal dari mana ? “
El Medina   : “ Inspirasiku berasal dari novel yang pernah aku baca. “
Elvin  : “ Berapa jumlah puisi yang telah kamu buat selama ini ? “
El Medina   : “ Aku telah menulis puluhan puisi selama ini namun ada beberapa yang        robek karena di simpan terlalu lama. “
Elvin  : “ Hal apa yang menghambat kamu dalam menulis puisi ? “
El Medina   : “ Kebetulan lancar-lancar saja. “
Elvin  : “ Berapa lama kamu menulis puisi ? “
El medina   : “ Aku menulis puisi hanya 1 minggu tetapi di tambah dengan proses    penerbitan selama 3 bulan. “
Elvin  : “ Kalau begitu terima kasih atas waktumu. Lain kali mungkin kita bisa    berbincang lagi. “
El Medina   : “ Iya sama-sama. “

Percakapan 3
      Setelah hasil wawancara di ketik, Elvin memberitahu Rana bahwa hasil wawancaranya di titipkan di resepsionis dan tinggal di ambil melalui telepon.
Elvin  : “ Halo selamat malam. Saya Elvin wartawan dari majalah Bobo. Bisa    berbicara dengan Rana ? “
Rana : “ Iya kebetulan saya sendiri. Ada apa ? “
Elvin  : “ Hasil wawancara sudah aku ketik dan aku titipkan di resepsionis. Jadi,        besok tinggal kamu ambil dan berikan kepada pemimpin redaksi di         ruangannya. “
Rana : “ Oh ya sudah. Besok akan aku ambil dan akan aku berikan ke                pemimpin redaksi. “
Elvin  : “ Terima kasih. “
Rana : “ Iya sama-sama. “

Percakapan 4
      Keesokan harinya Rana mengambil hasil wawancara di resepsionis. Rana pun segera menghubungi pemimpin redaksi untuk bertemu.
Rana : “ Selamat siang, saya Rana. Apa anda tidak sibuk ? Saya ingin bertemu               dengan anda sekarang. “
Iqbal  : “ Ya, saya tidak terlalu sibuk. Kita bisa bertemu di ruangan saya                     sekarang. Memangnya ada perlu apa ya ? “
Rana : “ Begini, saya akan menyerahkan hasil wawancara tentang penulis puisi              yang sedang naik daun saat ini kepada anda untuk di serahkan                      kepada anda untuk di muat di majalah Bobo. “
Iqbal  : “ Ya sudah. Silahkan datang ke ruangan saya. “
Rana : “ Baiklah. “
      Akhirnya hasil wawancara sudah di serahkan kepada Iqbal, pemimpin redaksi majalah Bobo dan telah di muat di majalah Bobo edisi terbaru saat ini.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"