Pengertian dan Balasan Menepati Janji



Janji

1.    Pengertian Janji
Ada banyak pengertian tentang janji diantaranya yaitu :
1. Janji adalah sebuah hutang yang kita ucapkan kepada seseorang atau diri sendiri yang pada dasarnya janji haruslah ditepati.
2. Ucapan yang menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk berbuat banyak (seperti hendak memberi, menolong, datang, bertemu), tetapi tidak satu pun yang ditepati.
3. Menurut Mohammad Abduh : Janji adalah sesuatu yang harus ditepati oleh setiap orang terhadap yang lain, baik kepaada Allah, dan menyimak dan mentaati semua ajaran-ajarannya maupun kepada manusia. Janji itu wajib ditepati selama bukan maksiat.
     2. Menepati Janji
            Allah Swt memerintah agar memenuhi janji, baik itu terhadap allah ataupun sesama manusia, Firman Allah dalam surat Al Maidah ayat 1 yang artinya: “Hai orang-orang beriman, penuhilah akat perjanjianmu.”
Dalam bentuk apapun, pelanggaran terhadap janji dianggap sebagai dosa besar yang perlu diberikan sangsi dan kemurkaan. Firman Allah Swt : “Hai orang-orang yang beriman, mengapakah kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat. Amat besar dosanya disisi Allah lantaran kamu mengatakan apa yang tidak kamu lakukan”. ( Qs. Ash Shaff : ayat 2 dan 3 )
          Dan janji harus diutamakan dari pada membayar hutang. Firman Allah : “Sesungguhnya orang-orang beriman, berhijrahlah serta berjihat dengan harta dan jiwanya dijalan Allah dan orang-orang memberikan tempat tinggal dan pertolongan (kepada orang-orang mujahirin), mereka itu saling melindungi. Dan terhadap orang-orang yang beriman, tetapi belum berjihad, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka sebelum mereka berjihijrah. Tetapi jika mereka meminta pertolongan kepadamudalam masalah agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu denga mereka.” ( QS. Al-Anfaal : 72 )
3.                Balasan Bagi Orang yang Menepati Janji
            Memenuhi janji adalah bagian daripada iman, Rosullullah Saw bersabda: “Bahwasanya, baik dengan janji bagian daripada iman”. Dan balasan bagi orang yang menepati janji adalah surga. Firman Allah Swt : Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat dan janji mereka. Dan orang-orang yang memelihara Shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi sirga firdaus. Mereka kekal didalamnya.” ( QS. Al-mu’minun, 8, 9, 10, dan 11 )
          Menepati janji adalah akhlak para Nabi dan Rasul. Fiman Allah dalam surat Maryam: 54. “Dan ceritakanlah hai Muhammad kepada mereka kisah Ismail (yang termaktub) didalam Al Qur’an, sesungguhnya dia adalah orang yang benar janjinya dan Dia seorang Rasul dan Nabi.”

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"