Manfaat Air Untuk Manusia Tumbuhan dan Hewan



         Manfaat Air Untuk Manusia

            Air putih sangat bermanfaat untuk melakukan proses metabolisme tubuh, serta untuk meningkatkan fungsi kerja organ-organ tubuh agar bekerja secara maksimal. Orang yang cukup mengonsumsi air minum terlihat sehat dan segar. Sedangkan orang yang kurang mengonsumsi air minum  nampak kurus, kering, dan dehidrasi.
            Kebutuhan air putih sangat diperlukan oleh tubuh kita. Tetapi, kebutuhan setiap idividu berbeda. Yang membedakan itu biasanya dari jenis kelamin, usia dan kondisi kesehatan selain itu dipengaruhi oleh tingginya aktivitas, cuaca lingkungan, kelembaban udara, dan makanan yang dikonsumsi. Apabila cuaca lingkungan dalam keaadaan panas,  maka penguapan yang terjadi pada tubuh kita sering terjadi. Sehingga kita sering mengeluarkan keringat.
            Jika konsumsi air putihnya tidak cukup/kurang, maka dapat berakibat fatal pada tubuh kita. Air yang mengalir dalam darah dapat melancarkan aliran darah ke otak. Sehingga tak terjadi hambatan-hambatan saat darah mengalir. Baik itu ke otak maupun ke seluruh tubuh. Hambatan yang terjadi pada saat darah mengalir pada otak, dapat menyebabkan turunnya kualitas kerja otak. Dan juga dapat berpengaruh pada kecerdasaan seseorang.
            Minum air putih juga dapat mencegah terjadinya darah kental. Minum air putih secukupnya juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena minum air putih dapat mencegah terjadinya pengerutan pada pembuluh darah. Apabila pembuluh darah tadi mengkerut, dapat menyebabkan ketidak stabilan pada jantung. Jantung akan bekerja keras, akhirnya akan terjadi lonjakan. Dengan air yang cukup, maka usus akan bekerja dengan lancar dan dapat memperlancar jalannya feses untuk keluar.
            Minum air, juga bisa digunakan sebagai cara alternatif untuk diet. Karena minum air secukupnya dapat mencegah nafsu makan. Sehingga berat badan akan berkurang. Manfaat lainnya seperti memperhalus kulit, menambah energi, sebagai pengatur suhu tubuh, dan masih banyak lagi.
            Ada satu lagi, minum air secukupnya, dapat memperlancar kerja ginjal (ekskresi). Apabila ginjal kekurangan air, maka dapat terjadi kerusakan pada ginjal. Air tersebut berguna untuk mencegah pengentalan pada cairan yang akan disaring di ginjal. Jika tidak, ginjal akan bekerja keras untuk menyaring cairan kental tadi. Sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti gagal ginjal dan radang ginjal. Jadi, penuhi konsumsi kebutuhan air kita, agar kita sehat, bugar, dan terhindar dari penyakit. Ciri-ciri air sehat yang memenuhi syarat fisika yaitu tidak berbau, berwarna, dan berasa.
            Air juga digunakan untuk kebutuhan manusia sehari-hari. Seperti untuk mencuci, mandi, keperluan memasak, untuk perairan di sawah, bermanfaat untuk perindustrian, pemadam kebakaran, transportasi,  untuk menggerakkan pembangkit listrik (PLTA), sebagai sumber energi (alternatif).

         Manfaat Air Untuk Tumbuhan dan Hewan

            Air adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan. Tumbuhan menyerap air melalui akar, mengalir melalui pembuluh, dan terjadi penguapan di daun.  Manfaat air sangat dirasakan tumbuhan pada proses fotosintesis yang dijalankannya setiap hari. Air memiliki beberapa fungsi untuk tubuh tumbuhan, yaitu:
1.      Pengangkut unsur hara dari dalam tanah, melaui pembuluh xilem dan kemudian dibawa keseluruh tubuh    tumbuhan
2.      Membawa hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan melalui pembuluh floem.
3.      Menstabilkan kondisi keadaan tubuh tumbuhan
4.      Untuk mengganti cairan-cairan dari proses transpirasi
5.      Agar tanaman tidak layu
            Kekurangan air akan mengganggu aktivitas fisiologis maupun morfologis tumbuhan, sehingga mengakibatkan terhentinya pertumbuhan. Defisiensi air yang terus menerus akan menyebabkan perubahan irreversible (tidak dapat balik) menyebabkabkan tumbuhan kerinng dan layu. Dan pada gilirannya tanaman akan mati. Kebutuhan air bagi tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain jenis tanaman dalam hubungannya dengan tipe dan perkembangannya, kadar air tanah, dan kondisi cuaca. Kebutuhan hewan terhadap air yaitu untuk minum dan sebagai pelepas dahaga.


1. Memperbaiki Sistem Pencernaan dan Menyehatkan Jantung.
2. Merawat Kecantikan.
3. Meningkatkan Kesuburan.
4. Mengobati Stroke -- Kandungan ion dalam air panas seperti khlor, magnesium, sulfat dan hidrogen karbonat dapat membantu pelebaran pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek panas membuat pembuluh darah melebar, meningkatkan oksigenisasi jaringan dan sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi kekakuan otot dan menghilangkan rasa nyeri.
5. Menciptakan Efek Relaksasi.
6. Melangsingkan Tubuh.
7. Menjaga Metabolisme Tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"