Bentuk-Bentuk Pasar Menurut Jenis Barang



Bentuk-bentuk pasar menurut jenis barang

      ™ Berdasarkan Jenis Barang yang Diperjualbelikan :
Barang yang diperjualbelikan dapat dijadikan menjadi barang konsumsi dan produksi. Berkaitan dengan hal tersebut, bentuk pasar berdasarkan jenis barang yang diperjualbelikan dibedakan sebagai  berikut :
     A.    Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi diartikan sebagai pasar yang memperjualbelikan barang hasil produksi atau barang jadi sehingga bersifat siap dikonsumsi. Misalnya, pasar ikan, pasar sayuran, pasar pakaian dan pasar beras.
     B.     Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi (faktor produksi) adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Misalnya, pasar sumber daya alam, pasar tenaga kerja, pasar modal.
1        Pasar Sumber Daya Alam
Pasar yang memperjualbelikan hasilkekayaan alam.  Penjual biasanya menjual contoh barang untuk ditawarkan kepada pembeli di pasar. Brang dagangan harus memenuhi standar mutu dan jenis tertentu. Contoh barang dagangan di pasar ini adalah tembakau, karet, kopi, emas dan minyak bumi.
2        Pasar Tenaga Kerja
Pasar atau bursa yang mempertemukan permintaan dan penawaran tenaga kerja. Pihak yang melakukan permintaan  tenaga kerja  antara lain perusahaan dan lembaga pemerintah. Pihak yang menawarkan tenaga kerja adalah rumah tangga konsumen  terutama penduduk yang telah memasuki usia kerja dan mencari pekerjaan.
3        Pasar Modal
Pasar yang memperjualbelikan surat-surat berharga jangka panjang. Misalnya, saham, obligasi, reksa dana, waran dan bukti right. Penjualan surat berharga dimaksudkan untuk menambah modal usaha. Pasar modal yang terdapat di Indonesia adalah Bursa Efek Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"