Contoh Teks Pidato "Pentingnya Menabung untuk Menyongsong Masa Depan"



- Tugas Bahasa Indonesia -
Pentingnya Menabung untuk Menyongsong
Masa Depan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.                                                                                                 
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua                                                                
Yang saya hormati Ibu Wahyoening Goesti, selaku pembimbing mata pelajaran Bahasa Indonesia                                                                                                                                         
Serta teman-teman X MIA F yang saya sayangi
            Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul bersama di pagi hari ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
            Tak lupa, shalawat serta salam ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman modern seperti saat ini.
            Ibu serta teman-teman yang berbahagia, izinkanlah kali ini saya berdiri di hadapan kalian semua untuk menyampaikan pidato mengenai pentingnya menabung untuk menyongsong masa depan.
            Hingga saat ini, masih banyak orang yang kesulitan dalam menabung. Baik itu dalam menyisihkan uang atau dalam penggunaan tabungan yang terlalu boros sehingga tabungan sering habis terpakai. Umumnya, hal tersebut disebabkan oleh kebutuhan seseorang yang besar dan ketidakpuasan manusia sehingga selalu berkeinginan untuk membeli barang baru. Padahal menabung sangat bermanfaat untuk menyongsong masa depan manusia.
            Pertama. Dengan menabung, kehidupan di masa depan akan terjamin, baik itu yang untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak ataupun tidak. Karena tidak ada yang dapat mengetahui tentang apa yang akan terjadi di masa depan, bukan? Maka, menabung sangatlah dianjurkan. Misalnya, ketika seseorang sakit parah dan uang tidak mencukupi, kita dapat menggunakan tabungan. Begitu pula jika muncul keperluan mendadak saat kuliah seperti biaya praktikum atau kebutuhan kita terhadap suatu barang yang penting.
            Kedua. Menabung dapat memenuhi kebutuhan seseorang setelah pensiun dari pekerjaannya. Ia tak akan pusing memikirkan hidupnya ketika tidak bekerja lagi karena memiliki tabungan.
            Ketiga. Ketika telah berkeluarga, tabungan akan sangat bermanfaat bagi biaya pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi. Dalam hal ini, tabungan berperan sebagai uang tambahan bagi biaya pendidikan anak yang semakin lama semakin mahal.
            Keempat. Tabungan dapat digunakan ketika manusia berada di masa tua. Seseorang dengan tabungan yang banyak, akan menjalani masa tuanya dengan tenang dan menyenangkan. Karena saat seseorang telah menua, umumnya sudah tidak bekerja dan mendapatkan pendapatan besar lagi, tinggal terpisah dengan anak-anaknya, serta mudah sakit. Sehingga dengan memiliki tabungan, seseorang dapat membiayai kebutuhannya di  masa tua tanpa kesulitan.
            Kelima. Tabungan dapat digunakan untuk membiayai liburan. Banyak orang telah menyisihkan uang mereka secara khusus dan telah menentukan kira-kira berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk pergi berlibur ke suatu tempat. Sehingga mereka tidak akan kelewatan dalam menggunakan uang karena telah direncanakan sebelumnya.
            Ibu serta teman-teman sekalian. Dari pidato yang telah saya sampaikan, dapat disimpulkan bahwa menabung sangat berperan untuk menyongsong masa depan manusia. Karena kebutuhan manusia di masa depan dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya serta terjamin kesejahteraannya. Selain itu, menabung lebih baik dilakukan sejak dini agar ketika dewasa, kita terbiasa dan tidak kesulitan dalam menyisihkan uang untuk ditabung.
            Demikian yang dapat saya sampaikan pada pidato kali ini mengenai pentingnya menabung untuk menyongsong masa depan. Saya mengucapkan terima kasih banyak. Dan saya mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang salah dan tidak berkenan di hati ibu dan teman-teman sekalian.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb .

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"