Contoh Teks Ekposisi dan Strukturnya "Kerugian Perdagangan Bebas"



Contoh Teks Eksposisi
"Kerugian Perdagangan Bebas"

I.                   Pernyataan Pendapat (Tesis)
Untuk mendorong pertumbuhan produksi dalam negeri, perdagangan bebas tidak perlu dilaksanakan. Perdagangan bebas sangat merugikan dari berbagai aspek.
II.                Argumentasi
Dari aspek perekonomian, perdagangan bebas dapat menyebabkan Indonesia kehilangan pasar dunianya. Hal ini turut berdampak pada volume produksi dalam negeri yang terus mengalami kerugian serta meningkatnya jumlah penggangguran dan kemiskinan.
Selain itu, membanjirnya tenaga ahli dari luar negeri. Jika kualitas SDM domestik tidak segera ditingkatkan untuk dapat menyaingi kualitas SDM dari negara-negara lain, tidak mustahil pada suatu ketika pasar tenaga kerja di dalam negeri sepenuhnya akan dikuasai oleh orang asing. Hal ini menjadi tantangan negara untuk meningkatkan kualitas SDM dalam negeri agar mampu bersaing dalam dunia global.
Kemudian dari aspek politik, pemerintah Indonesia terbukti membuat neraca perdagangan makin tidak berimbang. Terlihat dari rendahnya rata-rata bea masuk barang impor ke Indonesia atau dapat dikatakan bahwa politik anti-dumping Indonesia sangat lemah.
Dari aspek perdangangan, perkembangan kegiatan ekspor Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan kegiatan impor. Tentu hal tersebut merugikan negara.
Selanjutnya dalam aspek  investasi. Bebasnya arus modal antar negara sangat berpengaruh terhadap arus investasi suatu negara. Jika daya saing investasi rendah dengan keadaan yang tidak kondusif dibandingkan di negara-negara lain, maka bukan saja arus modal ke dalam negeri akan berkurang tetapi juga modal investasi domestik akan lari dari dalam negeri yang akhirnya membuat saldo neraca modal di dalam neraca pembayaran negara bersangkutan negatif. Pada gilirannya, kurangnya investasi juga berpengaruh negatif terhadap pertubuhan produksi dalam negeri dan juga ekspor.
III.             Penegasan Ulang Pendapat
Jelaslah bahwa penerapan perdagangan bebas di Indonesia masih perlu dipertimbangkan lebih hati-hati. Selama dampak negatif belum dapat terukur, Indonesia tidak dapat diharapkan memperoleh untung dari perdagangan bebas.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"