Perilaku Tidak Beriman kepada Allah dan Hari Akhir

A.     Perilaku Tidak Beriman kepada Allah dan Hari Akhir
·           Jenis Perilaku: Berzina dengan pacaran
·           Deskripsi Perilaku: Perilaku di atas yang mencerminkan tidak beriman kepada Allah dan Hari Akhir dilakukan oleh salah satu siswa-siswi SMA Negeri 1 Probolinggo. Mereka adalah satu dari beberapa hubungan “pacaran” yang telah terungkap di sekolah.
·           Penyebab Perilaku: Pacaran merupakan salah satu perbuatan maksiat yang dapat disebabkan oleh bujukan hawa nafsu yang dikendalikan setan serta kecenderungan pada kesenangan dunia. Rasa saling suka tidak dapat dibendung lagi sehingga timbullah “pacaran”. Pelaku juga kurang bertakwa kepada Allah SWT dan tidak meneladani Rasulullah SAW sehingga berani melakukan perbuatan maksiat yaitu zina.
·           Dampak Perilaku: Pacaran memiliki dampak negatif. Pelaku akan mendapat catatan dosa dan perbuatannya akan dibalas dengan api neraka apabila mereka tidak segera bertaubat. Setan akan menjadi lebih senang dari hari ke hari dan ia akan jadi lebih mudah menaklukkan orang yang berpacaran. Lama-kelamaan pacaran akan mengarah pada tindakan zina yang melewati batas. Ketika telah sampai pada fase itu maka yang dirugikan tidak hanya kehormatan diri sendiri tetapi juga orang lain terutama kedua orang tua. Dan adzab yang dijanjikan Allah SWT sungguh sangat pedih.
·           Hikmah Perilaku: Hikmah yang dapat dipetik dari perilaku “pacaran” adalah jangan sampai kita sebagai hamba Allah yang beriman dan bertakwa turut melakukan hal yang sama. Kita harus kuat dalam mempertahankan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Di dunia ini, kita harus mampu melawan hawa nafsu dan bujukan setan sehingga dapat meraih kenikmatan yang sebenarnya di akhirat nanti. Selanjutnya jangan lupa bersyukur dan berdo’a kepada Allah SWT agar selalu dilindungi dari perbuatan maksiat, serta selalu mengevaluasi diri dengan istighfar.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Pewara / Pranatacara dalam Bahasa Jawa

Tugas SBK : Contoh Nirmana Titik, Garis, Bidang, Gempal, dan Tekstur

Tugas Bahasa Indonesia Memahami Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Opini/Editorial “Menjual Sembari Menjaga Nirwana"